Tips Menjaga Kebugaran Untuk Karyawan Shift Malam

Tips Menjaga Kebugaran Untuk Karyawan Shift Malam

Diadelemprendedorsocial –┬áBeberapa perusahaan menerapkan sistem shift atau merotasi pekerjaan karyawannya. Hal ini dilakukan untuk mengejar tujuan tertentu tetapi terbatas pada ruang atau alat kerja. Sebagian orang pasti lebih suka bekerja shift pagi karena tubuh belum siap untuk shift malam.

Terkadang mood turun jika Anda bekerja keras di malam hari. Shift malam dapat membahayakan kesehatan karyawan karena tubuh tidak terbiasa dengan ritme kerja malam. Tubuh cenderung beristirahat di malam hari, tetapi harus dipaksa bekerja di malam hari.

Meski begitu, keputusan shift malam bukan milik Anda, itu keputusan perusahaan, jadi mau tidak mau Anda harus bekerja shift malam.

Meski sering bekerja di malam hari, tubuh tetap bisa dalam kondisi prima. Lihat saran kesehatan untuk pekerja malam.

1. Istirahat dari pekerjaan malam

Ada jam kerja di beberapa perusahaan yang telah diatur oleh staf atau manajer shift dan Anda tidak dapat mengubahnya sama sekali. Namun, ada juga jadwal kerja yang bisa berubah tergantung situasi dan kondisi.

Jika memungkinkan, jangan menjadwalkan shift malam berturut-turut karena Anda mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk istirahat. Usahakan istirahat di pagi hari agar ada jeda.

Meskipun ketika Anda memiliki shift malam Anda memiliki waktu luang di siang hari, akan sulit bagi Anda untuk benar-benar beristirahat dan tidak tergiur dengan aktivitas lain di luar pekerjaan.

Selain bekerja pada shift pagi, Anda juga dapat mengambil cuti untuk memberikan diri Anda istirahat dari shift malam. Mengambil istirahat berguna untuk beristirahat dengan baik.

2. Hindari perubahan

Beberapa perusahaan menerapkan rotasi shift agar pembagian shiftnya merata, tidak selalu karyawan yang masuk shift malam akan terus masuk shift malam. Begitu pula dengan karyawan yang masuk shift pagi tidak selamanya akan masuk shift pagi.

Rotasi kotoran dibuat untuk menjadi adil. Namun, yang terbaik adalah tidak mengganti shift sesering mungkin. Shift kerja antara pagi dan sore hari tanpa rotasi akan memberikan dampak yang lebih baik bagi tubuh dibandingkan shift yang sering berganti-ganti.

Bodi akan lebih mudah diatur jika tidak banyak perubahan pada shiftnya.

Semakin banyak shift kerja yang diubah, semakin sulit bagi tubuh untuk menentukan pola istirahat. Oleh karena itu, hindari pergeseran yang tidak pasti.

3. Perhatikan pencahayaan saat shift malam

Pada malam hari tidak ada sinar matahari alami, sehingga wajib menggunakan alat bantu penerangan. Jika Anda memiliki shift malam, Anda perlu menggunakan pencahayaan yang memadai. Pencahayaan terkait dengan ritme sirkadian yang dikendalikan oleh otak.

Ritme sirkadian memberi tahu tubuh kapan harus tidur dan kapan harus bangun. Salah satu faktor yang menentukan kerja sirkadian adalah cahaya. Cahaya yang diterima oleh mata kemudian diteruskan ke otak sebagai sinyal untuk mulai bekerja.

Selain mengatur kecepatan, bekerja di malam hari membutuhkan lebih banyak energi dan fokus, jadi pastikan ada cukup pencahayaan di kamar Anda.

Jika penerangan kurang, Anda akan kesulitan melihat dan membutuhkan tenaga ekstra untuk bekerja. Tentu saja hal ini dapat menguras tenaga dan membuat Anda mudah lelah.

4. Batasi asupan kafein Anda

Kafein merupakan zat yang dipercaya dapat mengurangi rasa kantuk. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan menyegarkan tubuh Anda.

Tapi jangan membiasakan minum kopi setiap malam. Selain tidak sehat, kafein bisa membuat sulit tidur setelah bekerja atau saat di rumah.

Karena itu, jika ingin minum kopi, Anda perlu memperhatikan aturannya, jangan terlalu sering. Jika di akhir pekerjaan Anda tidak merasa mengantuk, waktu tidur Anda akan berkurang.

5. Menghindari Cahaya Terang Saat Pulang

Ketika Anda berada di malam hari, Anda mungkin akan berada di rumah di pagi hari. Ada baiknya untuk menghindari cahaya terang saat Anda pulang dari shift malam. Ini ada hubungannya dengan cahaya yang dapat mempengaruhi kinerja otak dan dapat menentukan berapa lama Anda tidur.

Hindari tempat dengan terlalu banyak cahaya atau posisi duduk di angkutan umum yang menerima banyak cahaya.

Jika Anda naik bus pulang kerja, Anda dapat menutupi jendela dengan kain penutup. Di jalan, hindari juga lampu yang terang. Anda bisa memakai kacamata atau topi untuk menghalangi cahaya terang.

Sumber:

Blitarkota

mengatur gaji suami 2 juta